Jurnal Penelitian III
Rabu, November 09, 2011 | Author: Beti Riawati
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU MATEMATIKA DALAM PELAKSANAAN
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI ( KBK )
PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA PALEMBANG


Yuliani Indrawati
Alumni  Magister Manajemen Universitas Sriwijaya

ABSTRACT

This  research  was  related  to  the  factors  affecting  the  mathematics teachers’  performance  in  applying  the  Competence  Based  Curriculum  at high schools in Palembang. The factors investigated covered the components
of knowledge/ability, skills, and motivation. This research was aimed at : 1) investigating the effect of knowledge/ability, skills, and motivation toward the performance  of  mathematics  teachers,  2)  investigating  the  most  dominant factor affecting  the performance of mathematics teachers. The method used was  causality  method.  The  number  of  sample  used  was  66  mathematic teachers  from  7  state-owned  high  schools  and  13  private  high  schools  in Palembang.  The  data  collected  in  this  research  were  primarily  through questionnaires.  The  data  were  analyzed  through  linear  regression  analysis model.  The  research  findings  showed  that  simultaneously  components  of knowledge/ability (X1), skills (X2), and motivation (X3) affected significantly the  performance of mathematics teachers (Y) of high schools in Palembang
in  which  R  =  0.491  and  R2  =  0.241.  The  most  dominan  factor  toward  the performance of mathematics teachers was the component of motivation. The results  of  this  research  were  based  on  the  developments  of  Gibson  theory
(Ability/knowledge,   Skills,   and   Performance)   and   MC   Clelland   Theory
(Motivation).

Keywords : Knowledge/Ability, Skills, Motivation, Performance
Selengkanya dapat dilihat di
|
This entry was posted on Rabu, November 09, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 9 November 2011 pukul 13.22 , Beti Riawati mengatakan...

Kita tahu bahwa pendidikan di Indonesia belum seperti yang diharapkan, karena lembaga–lembaga pendidikan belum mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Bahkan pendidikan nasional pun dinilai gagal membangun karakter bangsa. Hal ini terbukti dari rendahnya nilai hasil ujian nasional, terutama nilai bidang studi matematika . Padahal matematika adalah bidang studi yang mendasari semua disiplin ilmu. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas guru untuk perbaikan transfer pengetahuan terhadap siswa. Agar dapat mencetak Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas. Sedangkan perbaikan fasilitas belajar perlu diperhatikan agar tidak terjadi jurang yang terlalu lebar antara kualitas pendidikan siswa Indonesia dengan negara lain.
Jadi harus ada upaya dari Departemen Pendidikan Nasional maupun pihak masing-masing sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Dengan dilakukannya jurnal penelitian ini kita tahu bahwa faktor-faktor yang berpegaruh besar terhadap kinerja guru yaitu pengetahuan/kemampuan, ketrampilan dan motivasi, ini sangat berpengaruh terhadap kinerja guru. Untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut misalnya dapat melalui penyelenggaraan diklat, pembinaan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) secara berkelanjutan. Semua upaya yang dilakukan tersebut demi keberhasilan pelaksanaan KBK yang telah direncanakan selama ini.